Senin, 26 Maret 2012

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

Posted by SMP NEGERI 3 JATISRONO 06.39 , under | No comments


Struktrur dan muatan Kurikulum SMP Negeri 3 Jatisrono pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang tertuang dalam Standar Isi, meliputi lima kelompok mata pelajaran, sebagai berikut :
Kelompok Mata Pelajaran Cakupan
  1. Agama dan Akhlak Mulia, Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
  2. Kewarganegaraan dan Kepribadian, Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
  3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
  4. Estetika, Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
  5. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

Adapun pengelompokan mata pelajaran selengkapnya sebagai berikut:
  1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia meliputi Pendidikan Agama
  2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian meliputi Pendidikan Kewarganegaraan
  3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi
  4. Kelompok mata pelajaran estetika meliputi Seni Budaya dan Bahasa Jawa
  5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan meliputi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Struktur Kurikulum SMP Negeri 3 Jatisrono
KomponenKelas dan Alokasi
VIIVIIIIX
A. Mata Pelajaran Utama
1. Pendidikan Agama 2 2 2
2. Pendidikan Kewarganegaraan2 22
3. Bahasa Indonesia 4 4 4
4. Bahasa Inggris 5 5 5
5. Matematika 5 55
6. Ilmu Pengetahuan Alam 4 4 4
7. Ilmu Pengetahuan Sosial 4 4 4
8. Seni Budaya 2 2 2
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2
10. Ketrampilan / Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2
B. Muatan Lokal
1. Bahasa Jawa 2 2 2
2. Elektronika 1 1 2
C. Pengembangan Diri
1. Pelayanan Konseling
2. Kepramukaan
3. Palang Mereah remaja
4. Olah raga (Senam, Atletik, Permainan)
5. LDK
6. KIR
1 1 2
D. Pengembangan Program
1. Bahasa Indonesia 1 1 1
2. Bahasa Inggris - - 1
3. Matematika 1 --
4. Ilmu Pengetahuan Alam 1 1 1
5. Ilmu Pengetahuan Sosial - 1 1



a) Pendidikan Agama
    Tujuan Pendidikan Agama Islam SMP :
  1. Menumbuh kembangkan aqidah melalui pemberian, pemupukan dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT
  2. Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (Tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
Ruang Lingkup pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek :
  1. Al Quran dan Hadits
  2. Aqidah
  3. Akhlak
  4. Fiqih
  5. Tarikh dan kebudayaan Islam
Tujuan Pendidikan Agama Kristen SMP :
  1. Memperkenalkan Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus dan karya-karya-Nya agar peserta didik bertumbuh iman percayanya dan meneladani Allah Tri Tunggal dalam hidupnya.
  2. Menanamkan pemahaman tentang Allah dan Karya-Nya kepada peserta didik sehingga mampu memahami dan menghayatinya.
  3. Menghasilkan manusia Indonesia yang mampu menghayati imannya secara bertanggung jawab serta berakhlak mulia di tengah masyarakat yang pluralistic.
Ruang lingkup pendidikan Agama Kristen meliputi aspek-aspek :
  • Allah Tri Tunggal (Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus) dan karya-Nya
  • Nilai-nilai Kristiani

Tujuan Pendidikan Agama Katholik SMP:
Agar peserta didik memiliki kemampuan untuk membangun hidup yang semakin beriman. membangun hidup yang beriman Kristiani berarti membangun kesetiaan pada Injil Yesus Kristus yang memiliki keprihatinan tunggal yakni kerajaan Allah. Kerajaan Allah merupakan situasi dan peristiwa penyelamatan ; situasi dan perjuangan untuk perdamaian dan keadilan, kebahagiaan dan kesejahteraan, persaudaraan dan kesetiaan, kelestarian lingkungan hidup yang dirindukan oleh setiap orang dari berbagai agama dan kepercayaan.
Ruang lingkup pendidikan Agama Katholik meliputi aspek-aspek :
  • Pribadi peserta didik
  • Yesus Kristus
  • Gereja
  • Masyarakat
b). Pendidikan Kewarganegaraan
    Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan :
  1. Agar peserta didik memeiliki kemampuan berpikir secara kritis, rasional dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
  2. Agar peserta didik memiliki kemampuan berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan masyarakat, berbangsa dan bernegara serta anti korupsi
  3. Agar peserta didik memiliki kemampuan berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
  4. Agar peserta didik memiliki kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Ruang lingkup Pendidikan Kewarganeagaraan meliputi aspek-aspek :
(1) Persatuan dan kesatuan bangsa
(2) Norma, hukum dan peraturan
(3) Hak asasi manusia
(4) Kebutuhan warga Negara
(5) Konstitusi Negara
(6) Kekuasaan dan politik
(7) Pancasila
(8) Globalisasi

c). Bahasa Indonesia
     Tujuan Bahasa Indonesia:
  1. Agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku baik secara lesan maupun tertulis.
  2. Agar peserta didik menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara
  3. Agar peserta didik memiliki kemampuan memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
  4. Agar peserta didik memiliki kemampuan menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
  5. Agar peserta didik memiliki kemampuan menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan memperhalus budi pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
  6. Agar peserta didik memiliki kemampuan menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruang lingkup pendidikan Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yangmeliputi aspek-aspek :
  • (1) Mendengarkan
  • (2) Berbicara
  • (3) Membaca
  • (4) Menulis
Pada akhir pendidikan di SMP peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan non sastra.

d). Bahasa Inggris
     Tujuan Bahas Inggris:
  1. Agar peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional
  2. Agar peserta didik memiliki kemampuan kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
  3. Agar peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan kemampuan peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya
Ruang lingkup pendidikan Bahasa Inggris meliputi aspek-aspek :
  • Kemampuan berwacana
  • Kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta essay berbentuk procedure, descrivtive, recount, narrative, dan report.
  • Kompetensi pendukung
 e). Matematika
      Tujuan Matematika:
  1. Agar peserta didik memiliki kemampuan mnemahami konsep, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akuerat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
  2. Agar peserta didik memiliki kemampuan menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
  3. Agar peserta didik memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
  4. Agar peserta didik memiliki Kemampuan mengkomunikasikan gagasan dengan symbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
  5. Agar peserta memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
Ruang lingkup pendidikan Matematika meliputi aspek-aspek :
  • (1) Bilangan
  • (2) Aljabar
  • (3) Geometri dan pengukuran
  • (4) Statistika dan peluang
f). Ilmu Pengetahuan Alam
    Meliputi : Fisika dan Biologi
    Tujuan Ilmu Pengetahuan Alam :
  1. Agar peserta didik memiliki kemampuan meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya.
  2. Agar peserta didikmemiliki kemampuan mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Agar peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan rasa ingin tahu sikap positif dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
  4. Agar peserta didik memiliki kamampuan melakukan inquiri untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak ilmiah serta berkomunikasi.
  5. Agar peserta didik memiliki kemampuan meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam.
  6. Agar peserta didik memilki kemampuan meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
  7. Agar peserta didik memiliki kemampuan meningkatkan pengetahuan, konsep dan ketrampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.
Ruang lingkup pendidikan IPA meliputi aspek-aspek :
  • (1) Makluk hidup dan proses kehidupan
  • (2) Materi dan sifatnya
  • (3) Energi dan perubahannya
  • (4) Bumi dan alam semesta
 g). Ilmu Pengetahuan Sosial
     Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial:
  1. Agar peserta didik memiliki kemampuan mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
  2. Agar peserta didik memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah dan ketrampilan dalam kehidupan sosial.
  3. Agar peserta didik memiliki komitmen dan kesadaran terhadapnilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
  4. Agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk ditingkat lokal, nasional, dan global.
Ruang lingkup pendidikan IPS meliputi aspek-aspek :
  • (1) Manusia, tempat dan lingkungan
  • (2) Waktu, keberlanjutan dan perubahan
  • (3) Sistem sosial dan budaya
  • (4) Perilaku ekonomi dan kesejahteraan

h). Seni Budaya
    Tujuan seni budaya :
  1. Agar peserta didik memilki kemampuan memahami konsep dan pentingnya seni budaya.
  2. Agar peserta didik memilikikemampuan menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya
  3. Agar peserta didik memiliki kemampuan menampilkan kreatifitas melalui seni budaya.
  4. Agar peserta didik memiliki kemampuan menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal, regional maupun global.
Ruang lingkup pendidikan Seni Budaya meliputi aspek-aspek :
  • (1) Seni rupa
  • (2) Seni musik
  • (3) Seni tari
  • (4) Seni teater

i). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
    Tujuan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan :
  1. Agar peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan ketrampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaankebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktifitas jasmani dan olah raga yang terpilih.
  2. Agar peserta didik memiliki kemampuan meningkatakan pertumbuhan fisik dan pengambangan psikis yang lebih baik.
  3. Agar peserta didik memiliki kemampuan menigkatkan kemampuan dan ketrampilan gerak dasar.
  4. Agar peserta didik memiliki kemampuan meletakan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
Ruang lingkup pendidikan jasmani dan olahraga meliputi aspek-aspek :
  • (1) Permainan dan olahraga
  • (2) Aktivtas pengembangan
  • (3) Aktivitas senam
  • (4) Aktivitas ritmik
  • (5) Aktivitas air
  • (6) Pendidikan luar kelas dan kesehatan.
j). Teknologi Informasi dan Komunikasi
    Tujuan Teknologi Informasi dan Komunikasi :
  1. Agar peserta didik memiliki kemampuan memahami teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Agar peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Agar peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
  4. Agar peserta didik memiliki kemampuan menghargai karya cipta dibidang teknologi informasi dan komunikasi.
Ruang lingkup pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi aspek-aspek :
  • Perangkat keras dan lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi dan menyajikan informasi.
  • Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.


Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada.
Berdasarkan SK Gubernur Jawa Tengah Nomor 895.5/01/2005 tanggal 23 Februari 2005 Tentang Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Jawa Tahun 2004 untuk jenjang pendidikan SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs dan SMA/SMALB/SMK/MA Negeri dan Swasta sebagai Mulok Wajib di Provinsi Jawa Tengah adalah Bahasa Jawa. Sekolah diberi keleluasaan untuk menambah mulok lain selama tidak melebihi beban belajar maksimal.

a). BAHASA JAWA
     Tujuan Bahasa Jawa :
     Untuk mengembangkan kompetensi berbahasa Jawa untuk melestarikan Bahasa Jawa, tujuan pemelajaran    Bahasa Jawa dapat dirumuskan sebagai berikut:
  1. Agar siswa cakap dalam berbahasa Jawa.
  2. Agar siswa mampu mengapresiasi susastra Jawa.
  3. Agar siswa mempunyai budi pekerti luhur.
Ruang lingkup mulok Bahasa Jawa meliputi aspek-aspek :
  • (1) Kecakapan dalam berbahasa Jawa.
  • (2) Apresiasi sastra Jawa.
  • (3) Budi pekerti luhur

b). ELEKTRONIKA
     Tujuan Elektronika :
     Setelah mengikuti kegiatan elektronika siswa memiliki pengertian dasar teknik elektronika dan dengan terampil mampu membuat dan menguji alat-alat elektronika.
Ruang lingkup mulok elektrnika meliputi aspek-aspek :
  1. Rangkaian arus searah, symbol komponen elektronika, pengenalan alat-alat tangan dan alat-alat listrik, pengenalan pembuatan dan menguji sumber daya adaptor serta radio amplifier.
  2. Pengenalan bagian-bagian radio penerima transistor, pembuatan radio penerima transistor dan pengujian radio penerima transistor meliputi radio tiga transistor, radio enam transistor dan radio IC
  3. Peranan telekomunikasi dalam pembangunan regional dan nasional, pembuatan bel elektronik, multi fibrator dan saklar otomatis.

c). SENI SUARA DAERAH
    Tujuan Seni Suara Daerah:
    Setelah mengikuti kegiatan seni suara daerah peserta didik mengenal seni daerah dimana mereka berdomisili kemudian memiliki semangat untuk melestarikan dan mengembangkannya.
Ruang lingkup mulok Seni Suara Daerah :
  1. Mengenal seni suara daerah dari berbagai daerah di tanah air
  2. Mempelajari seni suara dari bebagai daerah
  3. Mendalami dan mengembangkan seni suara daerah tempat peserta didik berdomisili


Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.
Pengembangan diri meliputi kegiatan terprogram dan tidak terprogram. Kegiatan terprogram direncanakan secara khusus dan diikuti oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pribadinya. Kegiatan tidak terprogram dilaksanakan secara langsung oleh pendidik dan tenaga pendidikan di sekolah yang diikuti oleh semua peserta didik.
Kegiatan pengembangan diri terprogram terdiri atas dua komponen :
a). Pelayanan Konseling, meliputi pengembangan:
  • (1) Kehidupan pribadi
  • (2) Kemampuan sosial
  • (3) Kemampuan belajar
  • (4) Wawasan dan perencanaan karir

b). Ekstrakurikuler,meliputi kegiatan :
(1) Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa
     Bertujuan untuk
  • (a) Melatih siswa dalam berorganisasi
  • (b) Mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin yang handal
  • (c) Melatih siswa untuk bersikap demokratis
  • (d) Melatih siswa belajar mengambil keputusan dengan tepat
  • (2) Kepramukaan
  • (a) Sebagai wahana siswa untuk berlatih berorganisasi
  • (b) Melatih siswa untuk trampil dan mandiri
  • (c) Melatih siswa untuk mempertahankan hidup
  • (d) Memiliki jiwa social dan peduli kepada orang lain
  • (e) Memiliki sikap kerjasama kelompok
  • (f) Dapat menyelesaikan permasalahan dengan tepat
(3) Olah Raga
  • (a) Pengembangan Olahraga team basket, Volly, dan sepak bola.
  • (b) Pengembangan atletik dan senam lantai

(4) Kegiatan Kelompok Ilmiah Remaja
  • (a) Melatih siswa berfikir kritis
  • (b) Melatih siswa trampil dalam menulis karya ilmiah
  • (c) Mampu berkompetisi dalam berbagai lomba IPTEK
  • (d) Mampu berkompetisi dalam lomba bidang IMTAQ
  • (5) Kegiatan Seni dan Budaya
  • (a) Pengembangan Seni Rupa, Musik, Tari dan Teater
  • (b) Pengembangan seni baca al Quran dan Kaligrafi
  • (c) Pengembangan seni Bela Diri

Kegiatan pengembangan diri secara tidak terprogram dapat dilaksanakan sebagai berikut :
1. Rutin
    Yaitu kegiatan yang dilakukan terjadwal seperti : upacara bendera, senam. Ibadah, pemeliharaan kebersihan, dan lain-lain.
2. Spontan
    Adalah kegiatan tidak terjadwal dalam kejadian khusus seperti : pembetukan perilaku memberi salam, membuang sampah pada tempatnya, budaya antri, dan lain-lain.
3. Keteladanan
    Adalah kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari seperti : berpakaian rapi, berbahasa yang baik, rajin membaca, memuji keberhasilan orang lain, datang tepat waktu, dan lain-lain.
Mekanisme Pelaksanaan
  • a) Kegiatan Pengembangan Diri dapat dilakukan di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah sesuai dengan jadwal kegiatan.
  • b) Jadwal Kegiatan Pengembangan Diri terprogram

Posting Komentar

Tags

Blog Archive

Blog Archive